239 PERDES Bentuk Keseriusan PEMDA LOTIM Mencegah Pernikahan Dini

0
FOTO: DENI RAHMAN, SH

OPNI-Pernikahan Dini yang marak terjadi ditengah-tengah masyarakat merupakan masalah kita bersama, kami dari Serikat Jomblo Progresif Lomok Timur Menilai bahwa upaya Pemda dalam menggerakan Desa untuk menyusun Perdes sebagai norma atau Payung hukum pelaksanaan pencegahan ditingkat Desa kami anggap adalah perjuangan yang sungguh- sungguh keras dan terbilang sukses karena sudah merampungkan sekitar 239 Perdes.

Oke, kami anggap ini adalah langkah yang sangat maju dan sukses, pelaksanaan/imolementasi dari perdes ini perlu pengawalan yang serius dari Pemerintahan daerah dan terlebih pemerintahan Desa.

Baca Juga :  Direktur LK2T: Rancaunya BPNT di Lotim Akibat Ketidak Tegasan Bank BRI?

kami perhatikan Perdes-perdes yang telah disusun rata-rata memiliki ancaman sanksi, perlu ditegakan dengan serius sehingga niatan pencegahan pernikahan dini betul-betul tercapai sukses, disisi lain perbedaan substansi Perdes bisa saja terjadi masalah dilapangan sehingga dalam tataran pelaksanaan interpretasi perdes masing-masing desa perlu dibantu dikawal oleh Exrta lembaga Pemdes, jika pemdes punya SDM bidang hukum yang baik kami pikir ini akan sangat membantu, jika belum maka diharapkan temen-temen lembaga yang bergerak dibidang perlindungan anak perlu lebih lincah.

Baca Juga :  Punya Atlet Sepakbola Kelas Dunia Tapi Tak Punya Lapangan Standar, Pemdes Loyok Disindir Ketua KNPI

Disi lain patut kami kritisi terhadap upaya menekan angka laju pertumbuhan penduduk juga perlu di buatkan program yang lebih sistemik layaknya sistem pencegahan Pernikahan dini ini, laju pertumbuhan penduduk Kab. Lombok Timur juga perlu ditekan.

Opini : Deni Rahman, SH 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here