Adakan Diklat Satlinmas, Camat Montong Gading Sebut Sebagai Momen penguatan Kapasitas Anggota

0

LOTIM | . Poroslombok – Bertempat di Aula Kantor Camat Montong Gading, hari ini Selasa 13 September 2021, berlangsung kegiatan Pendidikan, Latihan dan Kordinasi anggota Satlinmas desa se-Kecamatan Montong Gading, yang diselenggarakan oleh Satpol PP Kabupaten Lombok Timur yang diwakili oleh 16 anggota Satpol dari 8 desa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Pol PP yang diwakili Kabid Linmas beserta anggota, Kapolsek Danposramil Kecamatan Montong Gading, Trantib dan personil Damkar Kabupaten Lombok Timur.

Dalam sambutannya Camat Montong Gading Mursidi Yamin, SH. S.Pd yang sekaligus membuka kegiatan pelatihan menyampaikan bahwa anggota Satlinmas sekarang mempunyai fungsi yang cukup berat dan banyak, beda dengan yang kita kenal dulu sebagai Pertahanan Sipil atau Hansip.

Tugas pokok Linmas sudah diatur dalam Permendagri no. 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat, dan di SK kan oleh Bupati Lombok Timur.

Menurut Mursidi, kegiatan Diklat hari ini sangat penting, sebagai momen untuk penguatan kapasitas anggota dan penguatan sumber daya personil yang nantinya akan banyak dibekali dengan latihan dan materi berkaitan dengan Tupoksi Linmas.

Baca Juga :  Sosialisasi Berbuah Manis, Kasus Pernikahan Usia Dini di Montong Gading Nihil

Dengan demikian, tegas Mursidi Linmas akan lebih banyak mengenal tugas dan fungsinya, mantap dan tidak ragu dalam melaksanakan tugasnya dalam mengabdi pada masyarakat, bangsa dan Negara.

Menurutnya, Linmas sebagai bagian masyarakat harus mampu berperan dan memberi contoh dalam penanaman disiplin dan semangat dalam bela negara.

Lebih jauh lagi Mursidi menyampaikan, bahwa dalam kondisi apapun Linmas harus mampu tampil dan menjadi garda terdepan ditengah masyarakat manakala terjadi permasalahan, huru hara, perselisihan warga, pencurian, kenakalan remaja hingga penanganan terhadap bencana alam yang berpotensi mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda, tentu dengan senantiasa membangun komunikasi dan kordinasi dengan TNI Polri, Satpol PP dan instansi terkait.

Menurut Mursidi, TNI, Polri, Satpol PP dan termasuk didalamnya Linmas, adalah satu kesatuan yang lahir dari rahim yang sama yaitu masyarakat, yang bertugas dan berkewajiban menjaga dan memelihara kondisi keamanan dan ketertiban wilayah.

Baca Juga :  Pembagian Insentif Dana Covid-19 Dinilai Cacat Aturan, Kasta NTB DPD Lotim Soroti Kinerja Dikes

Kegiatan Diklat dan kordinasi hari ini, juga dirangkai dengan pelatihan dan simulasi penanganan bencana kebakaran yang dibimbing langsung oleh Dinas Damkar dan BNPB Kabupaten Lombok Timur.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Montong Gading, Ipda Fathul Munir dan Danposramil Kecamatan Montong Gading Serma Arfan, menyampaikan hal senada, dimana TNI POLRI, Satpol PP dan Linmas, harus tetap menjalin sinergitas dengan baik dalam upaya membangun dan menciptakan kondusifitas wilayah Lombok Timur umumnya dan Kecamatan Montong Gading pada khususnya.

Sementara, terkait dengan sumber anggaran untuk mendukung Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat atau Linmas, akan dikaji lebih jauh bagaimana pihak desa mengalokasikannya melalui sumber yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here