Menu

Mode Gelap
Bantuan Banjir Lobar Terus Mengalir, Humanisme Masyarakat Sasak Masih Kental Pelaksanaan TMMD Tahun 2022 difokuskan Untuk Pembuatan 25 Sumur Bor dan Pompa Hidram Eks Pasar Paok Motong  ditetapkan sebagai  KIHT Pemkab Sumbawa pekan ini target dosis pertama capai 70%, dosis kedua 50% Sebanyak 871 Tenaga Honorer di RSUD Selong Akan di Evaluasi

POROS PENDIDIKAN · 18 Nov 2021 07:22 WIB ·

ANBK Tingkat SD Mulai Dilaksanakan, Ketersediaan Laptop Masih Menjadi Kendala


					foto :Kanit UPT DIKBUD kecamatan Pringgasela Mahrus, S.Pd Perbesar

foto :Kanit UPT DIKBUD kecamatan Pringgasela Mahrus, S.Pd

Lombok Timur. poroslombok.com – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sekolah dasar (SD) tingkat Nasional Tahun 2021 telah mulai dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia.

Dimana ANBK ini merupakan program Pemerintah Pusat untuk mengetahui sejauh mana kualitas para peserta didik selama mengikuti pendidikan di sekolah.

Di kecamatan Pringgasela sebanyak 37 Sekolah Dasar melaksanakan ANBK dan Proses pelaksanaan ANBK terpantau berjalan lancar.

Kanit UPT DIKBUD kecamatan Pringgasela Mahrus, S.Pd. menyampaikan secara umum pelaksanaan ANBK berjalan lancar tanpa ada gangguan server ataupun jaringan.

Kendati demikian, Mahrus tak menampik adanya kendala pada jumlah Laptop atau komputer yang dimiliki di beberapa Sekolah Dasar di kecamatan Pringgasela masih kurang, sehingga untuk melengkapi kekurangan Laptop tersebut para kepala sekolah menyikapinya dengan meminjam Laptop guru.

“Hasil monitoring kami bersama pengawas sebenarnya tidak ada masalah pada pelaksanaanya, karena apa yang menjadi kekurangan sudah kita siasati atau dilengkapi sebelum pelaksanaan ANBK ini” tutur Mahrus saat dikonfirmasi di ruang kerjanya pada Rabu (17/11).

Sebagai contoh sebutnya, bagi sekolah dasar yang dekat dengan SMPN 1 Pringgasela melaksanakan ANBK di SMPN 1 Pringgasela, karena SMPN 1 Pringgasela memiliki fasilitas komputer dan internet yang memadai.

Sedangkan beberapa Sekolah Dasar yang dekat dengan SMPN 2 Pringgasela meminjam Laptop di SMPN 2 Pringgasela untuk kelangsungan pelaksanaan ANBK ini.

“Kalau kemarin waktu simulasi memang ada kendala pada gangguan server akan tetapi pada pelaksanaan ANBK sekarang ini tidak ada kendala dalam server” terangnta.

Terakhir Mahrus berharap kepada Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan Laptop kepada sekolah, sehingga ke depan tidak ada kendala kekurangan fasilitas komputer atau Laptop dalam pelaksanaan ANBK. Karena menurutnya sekolah yang memiliki dana BOS sedikit belum mampu mengarahkan anggaran untuk pembelian Laptop. (Mr)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tahun 2022 Bidang PSD Lebih Banyak Kelola DAK TIK Daripada Pembangunan Fisik

6 Januari 2022 - 16:32 WIB

Memasuki Semester II, Dikbud Lotim Masih Terapkan Sistem Shift

29 Desember 2021 - 20:13 WIB

Inilah Progres Kampung Inggris ?

12 Desember 2021 - 09:31 WIB

Monev PKKM, Warek I: Tim Evaluasi PKKM Diktiristek Nilai Pelaksanaannya Baik

9 Desember 2021 - 08:58 WIB

Ikuti Program Abdidaya, Dua Organisasi Kemahasiswaan Unham Raih Juara Favorit

8 Desember 2021 - 05:41 WIB

Tohir Yasin Mart Dan Kartu Edu Smart Resmi Dilaunching Di Hari Pahlawan

10 November 2021 - 22:42 WIB

Trending di POROS PENDIDIKAN
error: Content is protected !!