Menu

Mode Gelap
Pelaksanaan TMMD Tahun 2022 difokuskan Untuk Pembuatan 25 Sumur Bor dan Pompa Hidram Eks Pasar Paok Motong  ditetapkan sebagai  KIHT Pemkab Sumbawa pekan ini target dosis pertama capai 70%, dosis kedua 50% Sebanyak 871 Tenaga Honorer di RSUD Selong Akan di Evaluasi Diduga Pukuli dan Injak Kernek Dump Truck, Oknum Stafsus Gubernur Hampir Diamuk Massa

POROS BERITA · 17 Mei 2022 12:36 WITA ·

Apakah Sapi Yang Terkena PMK , Dagingnya Aman Dikonsumsi?


 Apakah Sapi Yang Terkena PMK , Dagingnya Aman Dikonsumsi? Perbesar

PorosLombok.com  –

Sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku bisa di konsumsi, namun ada beberapa bagian yang tidak boleh dimakan oleh manusia.

dikutip dari Kompas TV beberapa waktu yang lalu. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa sebagian daging dari ternak yang terinfeksi penyakit mulut dan kuku atau PMK, bisa dikonsumsi dengan beberapa prosedur tertentu

Menurut Syahrul beberapa bagian hewan ternak yang tidak boleh dikonsumsi apabila positif terinfeksi PMK antara lain bagian kaki, organ dalam atau jeroan dan bagian mulut ,seperti bibir dan lidah.

Selain bagian-bagian itu masih bisa menjadi rekomendasi termasuk dagingnya yang masih bisa dikonsumsi

Sementara itu Direktur Jenderal peternakan dan kesehatan hewan Kementerian pertanian Nasrulloh menjelaskan saat ini Kementan mengerahkan seluruh tim medis dan paramedis di wilayah wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan.

Tim medis diterjunkan untuk melakukan pendampingan pada peternak dan masyarakat dalam upaya pengendalian wabah dan pencegahan agar penyebarannya tidak meluas. Tim medis juga akan mendampingi peternak atau masyarakat yang hendak memusnahkan atau memotong hewan ternaknya yang terjangkit PMK.

Sebelumnya Kementerian Pertanian telah menetapkan dua daerah yang dilanda wabah PMK pada hewan yaitu Kabupaten Aceh dan kabupaten di Jawa Timur data Kementerian Pertanian menyebutkan jumlah kasus hewan ternak yang terinfeksi PMK di Jawa Timur sebanyak 3205 ekor dengan kasus kematian mencapai 1,5 persen sementara itu kasus positif PMK di Aceh sebanyak dua 226 ekor.

(Red)

Artikel ini telah dibaca 62 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bagian ULP Tidak Terlibat Dalam Pengadaan Motor Pekasih

6 Juli 2022 - 13:08 WITA

Jelang Penutupan MTQ XXIX, Polsek Masbagik Akan Blokir Jalur Simpang 4

6 Juli 2022 - 07:10 WITA

Sekda Menyayangkan Tidak Ada Pelaku UMKM Lokal Yang Menjual Pernak- Pernik MTQ

5 Juli 2022 - 20:15 WITA

Jaga Kelestarian Alam, FWMO Lotim Tanam Pohon Gaharu di Joben Ever Green

3 Juli 2022 - 10:53 WITA

FWMO Lotim Gelar Media Ghatering dan Camping Ground, Dirangkai Dengan Pengukuhan 4 Anggota Baru

2 Juli 2022 - 20:13 WITA

FWMO Lotim Akan Gelar Camping Ground dan Media Gathering

30 Juni 2022 - 16:13 WITA

Trending di POROS BERITA