Menu

Mode Gelap
Pelaksanaan TMMD Tahun 2022 difokuskan Untuk Pembuatan 25 Sumur Bor dan Pompa Hidram Eks Pasar Paok Motong  ditetapkan sebagai  KIHT Pemkab Sumbawa pekan ini target dosis pertama capai 70%, dosis kedua 50% Sebanyak 871 Tenaga Honorer di RSUD Selong Akan di Evaluasi Diduga Pukuli dan Injak Kernek Dump Truck, Oknum Stafsus Gubernur Hampir Diamuk Massa

POROS BERITA · 20 Jun 2022 20:06 WITA ·

Dispora Lotim Sukses Orbitkan “Melinda Trihapsari” Sebagai Paskibraka Tingkat Nasional


 Foto: Syaiful Wathan, SH, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lombok Timur (doc.foto/anas.pl) Perbesar

Foto: Syaiful Wathan, SH, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Lombok Timur (doc.foto/anas.pl)

Poroslombok.com | LOTIM –

Siswa SMAN 1 Selong bernama, Melinda Trihapsari, berhasil lolos seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melinda Trihapsari yang berasal dari Kelurahan Pancor, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur itu lolos bersama seorang pelajar lainnya dari SMAN 1 Dompu.

Keduanya akan bertugas untuk pengibaran bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang di Instana Negara, Jakarta.

Torehan prestasi membanggakan ini tentu menjadi angin segar bagi seluruh warga lombok timur. Pasalnya, untuk bisa sampai ke titik itu melinda harus bersaing dengan ratusan pelajar lainnya dari 514 kabupaten/kota dari 34 provinsi.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Lotim, Syaiful Wathan, SH, mengatakan bahwa prestasi yang dicapai oleh Melinda tak didapatkan secara instan.

Syaiful menyebut, setidaknya Melinda telah melalui proses seleksi yang sangat ketat dan panjang. Tercatat, pihak Dispora Lotim memulai proses perekrutan dan seleksi sejak Februari lalu.

“Jadi kami sudah melakukan rekrutmen seleksi sudah lama sekali. Karna sesungguhnya yang memiliki tugas untuk mengorbitkan calon Paskibraka itu adalah Dispora,” kata Syaiful saat dikonfirmasi poroslombok.com, Senin (20|6).

Karnanya, sebagai leading sektor yang membidangi pengembangan pemuda, tambah Syaiful, sejak awal pihaknya telah melakukan pembinaan yang dimulai dari proses rekrutmen seleksi.

Tak hanya itu, mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan latihan baris berbaris (PBB) untuk meningkatkan fisik, patriotisme dan tanggungjawab, serta meningkatkan kemampuan pengetahuan akademik juga menjadi bagian dari proses pembinaan yang diberikan oleh Dispora.

Sebelumnya, pihak Dispora Lotim menginisiasi untuk menghubungkan Melinda dengan eks peserta paskibraka yang berasal dari lotim, guna sharing pengalaman terkait hal-hal yang perlu dipersiapkan Melinda.

Dilanjutkan Syaiful, pihaknya juga telah menemui kepala sekolah SMAN 1 Selong untuk meminta agar mencarikan guru khusus bagi melinda dalam rangka meningkatkan pengetahuan pancasila dan materi akademik lainnya. Karna selain menjadi anggota paskibraka, Melinda juga akan menjadi Duta Pancasila.

“Jadi, Dinas Pemuda dan Olah Raga itu hampir 24 jam memberikan pembinaan kepada peserta paskibraka. Baik secara langsung maupun tidak langsung,” imbuhnya.

Belakangan ini, lanjut dia lagi, pihak Dispora juga ikut membantu dalam mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan oleh pusat. Baik yang menyangkut dokumen administrasi maupun dokumen tentang kesehatan peserta terpilih.

Bagi Syaiful, tidak ada kata lelah untuk terus memberikan pembinaan dan pendampingan. Hingga sampai saatnya nanti, Melinda akan berangkat ke Jakarta pada tanggal 16 Juli 2022 mendatang.

Terpilihnya Melinda sebagai duta NTB, merupakan gambaran bahwa pemuda-pemudi lombok timur memiliki potensi yang tidak kalah dengan daerah lain. Karnanya, keberhasilan ini diharapkan menjadi pemicu bagi yang lain untuk dapat menunjukkan potensi yang mereka miliki.

Terlebih, ungkap Syaiful, para pimpinan daerah terutama Bupati memiliki ekspektasi yang lebih berkenaan dengan paskibraka. Oleh karena hal itulah, ia meyakini bahwa Bupati juga akan memberikan suport yang maksimal kepada Melinda.

“InsyaAllah sebelum berangkat nanti Melinda akan sowan dulu ke pak Bupati. Dan pasti nanti pak Bupati akan memberikan suport dan suntikan semangat, karna Paskibraka ini sangat spesial bagi pak Bupati,” tandasnya.

Terakhir Syaiful berpesan, kepada seluruh pemuda-pemuda Lombok Timur agar menjadikan Melinda sebagai contoh, bahwa para pemuda lombok timur sesungguhnya memiliki potensi untuk berdiri sama tinggi duduk sama rendah dengan pemuda-pemuda lainnya di seluruh indonesia.

“Pemuda lombok timur kita anggap selama ini berserakan. Karna itulah Dispora memiliki tanggung jawab untuk menghimpun para pemuda yang berserakan itu, agar menjadi potensi yang dahsyat,” pungkasnya.

(Anas/pl)

Artikel ini telah dibaca 232 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Bagian ULP Tidak Terlibat Dalam Pengadaan Motor Pekasih

6 Juli 2022 - 13:08 WITA

Jelang Penutupan MTQ XXIX, Polsek Masbagik Akan Blokir Jalur Simpang 4

6 Juli 2022 - 07:10 WITA

Sekda Menyayangkan Tidak Ada Pelaku UMKM Lokal Yang Menjual Pernak- Pernik MTQ

5 Juli 2022 - 20:15 WITA

Jaga Kelestarian Alam, FWMO Lotim Tanam Pohon Gaharu di Joben Ever Green

3 Juli 2022 - 10:53 WITA

FWMO Lotim Gelar Media Ghatering dan Camping Ground, Dirangkai Dengan Pengukuhan 4 Anggota Baru

2 Juli 2022 - 20:13 WITA

FWMO Lotim Akan Gelar Camping Ground dan Media Gathering

30 Juni 2022 - 16:13 WITA

Trending di POROS BERITA