POROS BUDAYA DAN PARIWISATA

Event Mountain Bike Dipersiapkan untuk Memeriahkan HUT Lotim Tahun Ini di Bornong Sempur

Oleh pada · 2 Jul 2022 14:00 WITA


					Event Mountain Bike Dipersiapkan untuk Memeriahkan HUT Lotim Tahun Ini di Bornong Sempur Perbesar

Poroslombok.com | LOTIM –

Tak lama lagi, Kabupaten Lombok Timur akan menapaki usianya yang ke-127, tepatnya pada Agustus 2022 mendatang. Berbagai persiapan mulai dilakukan.

Rencananya, hari jadi tahun 2022 ini akan dimeriahkan dengan gelaran event Mountain Bike tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat di Bornong Bike Park Sempur.

Hari ini, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Timur, Iswan Rachmadi, berkunjung langsung untuk meninjau kesiapan event Mountain Bike di bornong bike park Sempur itu.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Pemerintah Desa Aik Prapa dan Pemuda pengelola Bornong Bike Park serta sejumlah tokoh Masyarakat.

Kedatangan Kadispar Lotim, Iswan Rachmadi bersama rombongan yakni untuk melihat kesiapan Pemuda Sempur, Desa Aikprapa, Kecamatan Aikmel terkait event Mountain Bike pada Agustus 2022 mendatang.

“Kami ke sini untuk melihat kesiapan pemuda Sempur mengenai event Mountain Bike pada Agustus mendatang. Karena ini event akan andil memeriahkan hari jadi Lombok Timur ke -127, ” Ungkap Iswan.

Menurutnya dia, menjadi penting adanya kolaborasi antar Pemuda, Pemerintah tingkat Desa maupun Kabupaten dan stakeholder terkait untuk event ini.

Dikatakan Iswan Rachmadi, melihat sport wisata yang begitu banyak, Desa Aik Prapa memiliki potensi menjadi desa wisata seperti desa-desa yang lain. Oleh karena itu tidak lepas dari kreativitas pemuda dan dukungan berbagai kalangan.

Pada moment pelaksanaan Mountain Bike ini, diharapkan rumah-rumah warga Bornong dapat dimanfaatkan sebagai penginapan peserta yang dari luar Lombok Timur. Dengan demikian, prekonomian Masyarakat setempat meningkat.

“Peserta dari jauh tidak mungkin pulang pergi. Panitia nanti harus memikirkan itu untuk memanfaatkan rumah warga sebagai tempat penginapan peserta, “terangnya.

Bornong bike park disebut Iswan adalah ikon ekotourizm, yakni kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal.

Oleh karena itu dia berharap, setelah diselenggarakannya event ini, bisa berkelanjutan. Pemuda dan pemerintah Desa dapat menggarap potensi-potensi wisata lain yang ada di Desa Aik perapa.

Ketua pengelola bornong bike park sempur, Hamzanwadi, mengapresiasi Dinas Pariwisata Lotim dan pihak terkait menyempatkan dirinya hadir dan turut andil mensukseskan event Mountain Bike pada Agustus mendatang.

Pihaknya saat ini tengah menyiapkan kebutuhan serta persiapan event nantinya. Mulai dari pembuatan lintasan baru, sarana dan prasaran serta mencari sponsor yang berkenan mensuport event ini.

“Kami sudah bentuk kepanitiaan mengenai event ini dengan melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat serta pemerintah Desa. Namun mengenai hari H acara belum berani kami tentukan,”kata Hamzanwadi.

Dia menyebut, menjadi kendala saat ini adalah legalitas bornong bike park yang di keluarkan TNGR. “Kami sedang menunggu izin pengelolaan kawasan wisata ini dari TNGR,”ungkapnya.

Kepala seksi wilayah 2 TNGR Lotim, Rio Wibawanto, mengatakan, timnya sudah selesai mengkaji wisata alam bornong bike park berdasarkan izin yang diajukan

Hasil kajian timnya, dari delapan kriteria standar pengelolaan kawasan sebagai wisata hanya lima terpenuhi. Tiga kriteria yang belum terpenuhi dapat dilengkapi sambil berjalan.

“Legalitas Bornong sedang proses, kami usahakan secepatnya keluar, “Kata Rio, saat menemani Kadispar meninjau lokasi event di borong bike park.

Dari segi pemanfaatan tidak ada masalah, sebab, bornong bike park berada di zona pemanfaatan tradisonal dan daerah konservasi.

Dengan itu, pengelola nantinya memperhatikan lingkungan serta menanam pohon baik jenis kayu maupun buah-buahan.

“Kami dukung event pada bulan Agustus mendatang. Sekalian acara peresmian bornong bike park, ” pungkqsnya. (*)

Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tingkatkan Semangat Pengerajin, Festival Gerabah Akan Segera Digelar

10 Agustus 2022 - 23:59 WITA

Dibanjiri Warga, Pembukaan Gebyar Seruni 2022 Berlangsung Meriah

8 Agustus 2022 - 14:19 WITA

Pertama di NTB, Karnaval Tenun Sukses Dihelat di Pringgasela

31 Juli 2022 - 20:05 WITA

Kamis Esok, Event Alunan Budaya Pringgasela Akan Digelar

27 Juli 2022 - 11:58 WITA

Mau Berakhir Pekan,  Ini 6 Tempat Menginap di Lombok Yang Murah dan Nyaman

16 Juli 2022 - 08:58 WITA

Sinopsis Gawe Adat Ngayu_Ayu Kawedanan Sembalun

14 Juli 2022 - 17:37 WITA

Trending di POROS BUDAYA DAN PARIWISATA