Menu

Mode Gelap
Pelaksanaan TMMD Tahun 2022 difokuskan Untuk Pembuatan 25 Sumur Bor dan Pompa Hidram Eks Pasar Paok Motong  ditetapkan sebagai  KIHT Pemkab Sumbawa pekan ini target dosis pertama capai 70%, dosis kedua 50% Sebanyak 871 Tenaga Honorer di RSUD Selong Akan di Evaluasi Diduga Pukuli dan Injak Kernek Dump Truck, Oknum Stafsus Gubernur Hampir Diamuk Massa

Berita Utama · 21 Jun 2022 14:01 WITA ·

KPU Lotim Harapkan Anggota KPPS Tidak Ada Dari Keluarga Calon Kepala Desa Saat Pilkades


 Foto :Ketua KPU Lombok Timur M Junaidi (dok: PorosLombok) Perbesar

Foto :Ketua KPU Lombok Timur M Junaidi (dok: PorosLombok)

PorosLombok.com • LOTIM –

Untuk mewujudkan keamanan dan ketentraman menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) merupakan salah satu tugas dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Tak hanya itu peran DPMD juga agar mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Tekait hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur mengharapkan adanya acara diskusi secara intens demi terselenggaranya Pilkades yang sehat. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua KPU Lombok Timur M Junaidi. Selasa (21/6/2022).

Junaidi menegaskan bahwa, sejauh ini dalam pemilihan kepala desa KPU tidak terlibat langsung, karna itu merupakan tugas pokok dari dinas PMD,

“Namun Kedepannya kami berharap penyelenggaraan Pilkades yang akan dilaksanakan tahun depan dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta berjalan dengan kondusif,” ucapnya.

Walaupun begitu, KPU dalam hal-hal tertentu membantu terselenggaranya Pilkades ini, minsalnya lokasi pemilihan, dan sebagainya. KPU juga membantu Dinas PMD didalam bimtek terkait dengan KPPS , bagaimana penataan hingga perekrutannya.

Oleh karenanya ia mengharapkan kordinasi semua pihak dalam menjamin terlaksananya Pilkades dengan aman dan nyaman. Mengingat memang sering kali Pilkades menjadi panggung panas dalam sistem Demokrasi yang ada.

“Saya pikir untuk mengantisipasi konplik, selama PMD memerlukan pandangan KPU kami siap akan memfasilitasi untuk musyawarahnya,” ungkapnya.

Lebih jauh Junaidi, mengingat tahapan pemilu sudah masuk, jadi agar pelaksanaan pilkades juga lancar, maka perlu komunikasi, koordinasi lebih intens antara Dinas PMD dengan KPU.

“Dan untuk itu kapanpun kami siap menerima permintaan diskusi,” tegasnya.

Ia juga menyinggung mengenai petugas KPPS pada Pilkades yang banyak berasal dari keluarga, calon Kepala Desa tentu kata dia, pihaknya berharap untuk petugas KPPS yang berasal dari keluarga calon harus di pertimbangkan.

Diakuinya dalam hal ini memang tidak ada peraturan yang tidak membolehkan petugas KPPS berasal dari keluarga si calon, namun kedepannya paling tidak bisa di kurangi dan di seleksi dengan baik

( arul)

Artikel ini telah dibaca 136 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Orang Tua Inaya dan Anaya Sampaikan Terimakasih Kepada Bupati Sukiman

30 Juni 2022 - 18:30 WITA

Abah Uhel Akan Segera Renovasi Tiga Jembatan Di Lotim Bersama Jamaah Yatofa

30 Juni 2022 - 00:18 WITA

Target Pemkab Lotim Pada MTQ XXIX, Sukses Penyelenggaraan dan Sukses Dalam Prestasi

28 Juni 2022 - 21:50 WITA

Anggota DPD RI Perwakilan NTB Usulkan Peta Tanah Nasional

26 Juni 2022 - 08:13 WITA

Senator ASA Luruskan Issue Hoaks Soal DPR RI Setujui RUU Pemekaran 5 Provinsi

25 Juni 2022 - 15:02 WITA

Minat Baca Anak Rendah, Guru SDN 1 Labuhan Haji Diharapkan Lebih Berperan Aktif

22 Juni 2022 - 14:47 WITA

Trending di Berita Utama