Menu

Mode Gelap
Pelaksanaan TMMD Tahun 2022 difokuskan Untuk Pembuatan 25 Sumur Bor dan Pompa Hidram Eks Pasar Paok Motong  ditetapkan sebagai  KIHT Pemkab Sumbawa pekan ini target dosis pertama capai 70%, dosis kedua 50% Sebanyak 871 Tenaga Honorer di RSUD Selong Akan di Evaluasi Diduga Pukuli dan Injak Kernek Dump Truck, Oknum Stafsus Gubernur Hampir Diamuk Massa

POROS DESA · 23 Jun 2022 21:14 WITA ·

Panitia Penjaringan Pilwil Isinya Hanya Perangkat Desa, Camat Sikur Suruh Rombak


 Foto : Camat Sikur Lalu Putra (dok: Arul / Poroslombok) Perbesar

Foto : Camat Sikur Lalu Putra (dok: Arul / Poroslombok)

PorosLombok.com • LOTIM –

Dari 14 desa yang ada di wilayah Kecamatan Sikur, ada 2 desa sedang membuka pendaftaran calon perangkat desa, yakni : Desa Loyok dan Desa Jeruk Manis, Kedua desa tersebut membuka lowongan untuk calon Kepala Wilayah (Kawil).

Camat Sikur Lalu Putra mengatakan, beberapa hari yang lalu untuk panitia penjaringan dan penyaringan di Desa Loyok sempat diminta untuk merombak SK kepanitiaan, karena dari unsur kepanitian harus ada keterwakilan dari elmen-elmen masyarakat sesuai dengan Peraturan Bupati (PERBUP) sehingga pihaknya baru bisa memberikan rekomendasi.

“Waktu saya periksa SK tersebut, ternyata hanya perangkat desa semua isinya, tentu hal itu tidak boleh makanya saya suruh rombak,” ucap Lalu Putra saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu (22/06).

Ia menjelaskan untuk masyarakat yang ada di dua desa ini (Loyok dan Jeruk Manis – Red) sebelum mendaftarkan diri menjadi perangkat desa, tentunya harus memahami beberapa persyaratan, salah satunya batas usia, yang dimana mengacu pada Perbup No : 6 Tahun 2018 bahwa batas usia minimal 20 tahun dan maksimal 42 tahun.

“Kalau nanti ada yang lebih dari ketentuan umur yang sudah ditetapkan, tentu kami, tidak bisa berbuat apa- apa dan otomatis tidak lulus administrasi,” terangnya.

Maka dari itu lalu Putra menegaskan bahwa jangan ada yang berani bermain-main dengan melanggar peraturan yang sudah ditetapkan, Karena hal ini bisa jadi masalah di kemudian hari, Dalam sistem seleksi ini kata dia ada dua proses yakni : Tes tulis dan wawancara.

“Kita berharap seleksi ini jangan sampai terlambat, kita targetkan sebelum bulan oktober ini,” harapnya.

Ia menekankan kepada semua panitia penyaringan dan penjaringan untuk bekerja profesional, jangan ada intervensi dari pihak manapun, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Semoga proses seleksi ini nanti berjalan aman dan kondusif, dan saya mengajak seluruh elmen masyarakat untuk tetap mengawal proses ini sampai selesai,” tandasnya

Sementara itu Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Desa Loyok saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya sudah merombak anggota kepanitian, dan sudah selesai tinggal menunggu pendaftaran calon saja.

“Kami sudah laksanakan apa yang diperintahkan oleh pak camat, semua unsur sudah kami masukkan baik dari unsur tokoh masyarakat dan unsur tokoh pemuda,” pungkasnya. (Arul)

Artikel ini telah dibaca 275 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Desa Montong Betok Wakili Lombok Timur Pada Lomba Desa Tingkat Provinsi

29 Juni 2022 - 22:14 WITA

Desa Jeruk Manis Dicanangkan Menjadi Desa Wisata Agro Ecotourism

27 Juni 2022 - 19:46 WITA

70 Desa Dari Kabupaten Batu Engau, Dekat IKN, Kaltim Lakukan Studi Banding ke Desa Kumbang

15 Juni 2022 - 14:40 WITA

Pemerintah Desa Gelora Anggarkan 76 Juta untuk Pembangunan Jalan

7 Juni 2022 - 20:15 WITA

Buka Pendaftaran Calon Kawil, Pemdes Loyok Janjikan Transparansi

7 Juni 2022 - 19:20 WITA

BPD Nilai Kwalitas Pelayananan Di Desa BPS Mengalami Peningkatan

27 Mei 2022 - 16:57 WITA

Trending di POROS DESA