Pertahankan Kualitas Saat Pandemi, SMKN 1 Sikur Tingkatkan Inovasi

0
Ahmad Hasbi, M.Pd ( Kepala Sekolah SMK N 1 Sikur) foto : Arul

LOTIM – Pandemi Covid -19 masih belum menunjukkan tanda – tanda akan berakhir. Pemerintah pun melakukan beberapa upaya pengendalian Covid-19, salah satunya dengan mengadakan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Tentunya, hal tersebut berdampak pada dunia pendidikan, sehingga tak jarang beberapa sekolah mengalami penurunan kualitas siswanya.

Maka dari itu, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sikur berinisiatif demi meminimalisir penurunan kualitas siswanya, pihak sekolah melakukan beberapa inovasi di antaranya dengan membangkitkan jiwa wirausaha para siswa, sehingga ilmu yang mereka dapatkan bisa langsung dipraktikkan.

“Beberapa waktu yang lalu kita juga sudah launching gerai yang dihadiri oleh bapak Kadis Dikbud Provinsi. Ini merupakan salah satu solusi untuk menjaga kualitas siswa kami,” ucap kepala Sekolah SMKN 1 Sikur Ahmad Hasbi, M.Pd saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (26/08).

Baca Juga :  Juara 1 KDI 2020, Baiq Gita Harumkan Lombok di Kancah Nasional

Hasbi mengatakan dalam kegiatan praktik siswa, pihaknya lebih memaksimalkan praktik yang menghasilan produk, karena SMKN 1 sikur sudah mempunyai beberapa relasi di beberapa bidang baik dalam bidang tata boga dan lain – lain.

“Contoh dari bidang tata boga kami gandeng Asosiasi Chef Indonesia ( ICA) dan langsung siswa bisa magang disana,” tandasnya

Hasbi juga menjelaskan kegiatan lain yang dilakukan untuk meningkatkan mutu sekolah adalah menghadirkan guru tamu pada setiap hari Sabtu.

Hasbi berharap, guru tamu dapat meningkatkan kualitas para siswa, tentunya guru yang dihadirkan, adalah mereka yang menjadi pengajar yang ahli dalam bidangnya.

“Kadang-kadang siswa juga cepat bosan kalau setiap hari ketemu sama guru itu saja setiap hari, jadi perlu kita undang sekali waktu guru tamu minimal satu kali seminggu,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Sukiman Himbau Masyarakat Taati Prokes Saat Tarawih

Menurut Hasbi, salah satu program unggulan di SMKN 1 Sikur yang jadi unggulan adalah program Ekonomi Kreatif dan Seni Pariwisata.

Dari kedua program unggulan itu, banyak siswa yang diberdayakan untuk mengembangkan ilmunya sehingga kualitas dan pemahaman siswa tidak menurun.

“Kalau sekolah lain, contohnya kan biasa beli berugak, nah kalau di sini, kami buat sendiri, kami cuma menyediakan bahannya saja. Selebihnya siswa kami yang kerjakan, semakin sering meraka praktik, maka semakin tajam ilmu yang mereka dapatkan,” tutupnya. (rl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here