Program AUTSK Diskeswan Lotim, Hingga Juli 2021 Peternak Klaim 16 Asuransi Sapi

0

LOMBOK TIMUR – Program premi Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau (AUTSK) sudah berjalan di Kabupaten Lombok Timur dari tahun 2019.

Awal kehadirannya, AUTSK merupakan asuransi mandiri swadaya peternak dan subsidi dari Pemerintah Daerah sebanyak 2300 ekor sapi betina.

Namun pada tahun 2020, Pemda Lotim tidak lagi memberikan premi asuransi karena anggaran dialihkan untuk percepatan penanganan wabah virus Covid-19.

Sekretaris Diskeswan Lombok Timur Drh. Suryatman Wahyudi menjelaskan pada tahun 2021, Pemda Lotim memberikan asuransi subsidi ternak kepada kelompok ternak yang terdaftar sebagai peserta AUTSK di PT. Jasindo sebesar Rp120 juta.

Baca Juga :  Tak Terima Siswanya di Pulangkan, Ketua Yayasan TK THS Protes

“Sebanyak 3000 ekor sapi betina di Lotim diberikan asuransi oleh Pemda melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DISKESWAN) Kabupaten Lombok Timur untuk meningkkan kesejahteraan masyarakat khususnya para ternak ketika mengalami kecelakaan,” jelas Suryatman Wahyudi, Jum’at (30/07).

Suryatman juga menjelaskan penyaluran klaim untuk sapi itu nilainya beragam, tergantung kecelakaan yang menimpanya seperti sapi mati karena penyakit akan diberikan ganti rugi 50 persen dari harga pertanggungan, sedangkan kalau sapi mati bangkang diberikan maksimal 10 juta.

Sementara ketika sapi itu dicuri maka peternak mendapatkan biaya ganti rugi sebesar 70 persen dari harga pertanggungan. Karena 30 persen itu dinilai sebagai faktor kelalaian dari peternak.

Baca Juga :  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jamin Kesehatan Hewan Kurban

“Alhamdulillah manfaat AUTSK sudah dirasakan oleh peternak yang mengajukan ponis. Sampai saat ini laporan peternak yang masuk mengajukan ponis klaim sebanyak 20 ekor sapi dan yang sudah dicairkan sebanyak 16 ekor sapi dengan kasus sapi mati karena penyakit dan mati bangkang. Sementara untuk kasus sapi kehilangan belum ada,” pungkasnya. (rl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here