SMK ILhami Aikmel Komitmen Kurangi Pengangguran Terdidik

0
75

LOTIM,POROSLOMBOK – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ILHAMI desa Aikmel , Kecamatan Aikmel Kebupaten Lombok Timur berdiri sekitar tahun 2013 yang mengembangkan hanya satu jurusan yakni Tata Boga, sehingga lulusannya banyak yang menjadi pengusaha kuliner khususnya di Kecamatan Aikmel

Latar belakang berdirinya SMK ini didirikan atas dasar , keprihatinan terhadap banyaknya generasi muda disekitar Aikmel yang tidak punya pekerjaan, sehingga cita – cita didirikannya SMK ini agar anak – anak yang telah selesai bisa langsung bekerja ungkap H.Anwar. S.pd, M.M selaku Pimpinan SMK Ilhami kepada poroslombok saat di temui di kediamannya pada jumat (26/03).

Menurutnya tamatan nya sekarang rata – rata sudah bekerja ,ada yang di hotel ada yang di Perbankkan dan lain – lain. Tak hanya itu banyak juga yang kuliah di Universitas Negeri seperti UIN Malang, dan beberapa Sekolah Tinggi yang lain.

“Setiap tahun hampir rata – rata diambil dari siswa – siswi kami yang bidikmisi, ada juga yang lulus bidikmisi di Poltek Banyuwangi kemudian ada yang di Surabaya” tandasnya.

Baca Juga :  Keren! Siswa SMAN 1 Sikur Raih Prestasi Ditengah Terpaan Pandemi Covid-19

Dikatakannya dimasa pandemi Covid-19 ini SMK Ilhami mengembangkan usaha industri kuliner dengan membuat olahan roti sehingga para siswa banyak yang dipekerjakan di sini dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian Sekolah.

“Roti ini banyak kami jual di pasaran dan orang – orang yang punya acara banyak mengambil dari kami” ucapnya.

Di SMK Ilhami ini yang menonjol adalah prestasi di dunia kerja yaitu bidang Kuliner mengingat banyak alumninya yang membuka usaha kuliner sedangkan untuk bidang akademik keunggulannya yakni bahasa Inggris yaitu “Go internasional” atau yang disebut sertifikat “TOEIC” sambung H. Anwar, sehingga pihaknya sangat bangga dengan prestasi tersebut. Pasalnya 150 negara mengikuti program ini termasuk NTB akan tetapi Peserta dari SMK Ilhami selalu lulus.

“Kalau di UKK kami ini langsung mengikuti BNSP atau LSP itu yang selalu diadakan di Puri saron Senggigi jadi UKK itu bisa dikatakan profesi. Jadi betul – betul kesempurnaan dari keunggulan kami adalah Profesinya itu” akunya.

Baca Juga :  Gali Potensi Siswa, UNDIKMA Bekerjasama Dengan Dikbud NTB Laksanakan Festival Edukasi

Untuk rencana kedepannya SMK ini akan kembangkan usaha – usaha UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian sekolah di masa Pandemi Covid-19.

“Kami akan kembangkan usaha perikanan di samping itu, kami juga membuka showroom kuliner agar nanti produk – produk hasil olahan para siswa bisa di pajang di sana” ucapnya.

Ia berharap pemerintah kabupaten ataupun Provinsi lebih memperhatikan SMK khususnya yang swasta agar tidak menciptakan pengangguran terdidik karena ia melihat banyak sekali anak – anak yang tamat sekolah namun menjadi pengangguran.

“Mudah – mudahan sesuai dengan harapan kita tenaga kerja terdidik ini betul – betul di fungsikan” tutupnya (rl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here