Menu

Mode Gelap
Pelaksanaan TMMD Tahun 2022 difokuskan Untuk Pembuatan 25 Sumur Bor dan Pompa Hidram Eks Pasar Paok Motong  ditetapkan sebagai  KIHT Pemkab Sumbawa pekan ini target dosis pertama capai 70%, dosis kedua 50% Sebanyak 871 Tenaga Honorer di RSUD Selong Akan di Evaluasi Diduga Pukuli dan Injak Kernek Dump Truck, Oknum Stafsus Gubernur Hampir Diamuk Massa

POROS PENDIDIKAN · 16 Jun 2022 14:55 WITA ·

SMPN 2 Masbagik Lepas Kenang, Bertemakan Budaya Sasak


 SMPN 2 Masbagik Lepas Kenang, Bertemakan Budaya Sasak Perbesar

PorosLombok.com • LOTIM –

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Masbagik adakan acara lepas kenang, untuk siswa-siswi  yang sudah meyelesaikan pendidikan, dengan bertemakan kearifan lokal. Kamis (16/06).

Tema ini diambil bertujuan untuk menjaga dan melestarikan adat-istiadat serta budaya sasak, namun tetap mengikuti perkembangan zaman,

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten II Bidang Ekonomi, Kadis Dikbud Lotim, Kepala Desa Lendang Nangka, dan beberapa pejabat. Lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Desa Lendang Nangka Lalu M.Isnaini menyampaikan, bahwa SMPN 2 Masbagik merupakan salah satu sekolah penggerak, yang tetap memelihara kearifan lokal, tentu hal ini suatu yang sangat luar biasa yang patut diberi aprresiasi.

“Semoga SMPN 2 Masbagik tetap konsisten, mengajarkan kearifan untuk anak- anak kita” ucapnya.

Tak lupa juga ia sampaikan selamat bagi para siswa/ siswi yang sudah menyelesaikan pendidikannya di SMPN 2 Masbagik, dan berpesan kepada para siswa untuk terus melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni SMA/MA.

Ditempat yang sama Asisten II Mahsin,  mewakili Bupati Lotim menyampaikan, salam takzim bupati Lotim, karena tidak bisa menghadiri acara ini , dan berterima kasih kepada semua panitia yang terlihat kompak dan terus memelihara kebersamaan dengan baik

“Saya melihat di SMPN 2 Masbagik berbeda dengan sekolah-sekolah yang lain, karena menonjolkan budaya sasak,” ucapnya.

Dalam acara ini kata dia, terdapat beberapa nilai yang terkandung didalamnya, yakni, tata krama, tentang bagaimana cara bersikap kepada para guru, masyarakat dan memperkuat silaturahmi,

Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah kabupaten Lotim, dibawah kepemimpinan Sukma (Sukiman- Rumaksi), khsusnya dalam bidang pendidikan sudah banyak menunaikan visi-misinya.  Kalau dilihar indek Pendidikan di Lotim yang semula peringkat ke-45 akan tetapi sekarang sudah naik Ke-Peringkat ke-8 dari 10 kabupaten,

“Ini merupakan bukti keseriusan Pemerintahan SUKMA menyelesaikan Visi-Misinya di akhir masa jabatannya,” tandasnya.

Maksin berharap agar para siswa jangan sampai ada yang menikah dini, mengingat ini akan berdampak pada kesehatan, dan akan memicu naiknya angka stunting, jadi ia meminta agar para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikannya agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Jangan ada nanti kita dengar siswa yang merarik kodek (Pernikahan dini) , kejar dulu cita-cita sehingga apa yang menjadi harapan dan buarlah orang tua kita terwujud,” pungkasnya.

Di tempat yang sama Kepala sekolah SMPN 2 Masabagik azizzuddin, S.Pd, saat dikonfirmasi menyampaikan acara ini juga untuk memberikan pemahaman wawasan pancasila, sehingga akan menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan Negara, Mengingat SMP 2 Masbagik salah satu sekolah penggerak.

“Ini merupakan Program sekolah penggerak, jadi salain siswa mendapatkan pelajaran umum siswa juga kami ajarkan tentang adat dan budaya tanpa menghilangkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten 2 Bidang Ekonomi, Kadis Dikbud Lotim, Kepala Desa Lendang Nangka, dan beberapa pejabat. Lainnya.

(Arul/ PorosLombok)

 

Artikel ini telah dibaca 126 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Untuk Mengurangi Angka Putus Sekolah, SMAN 1 Sikur Buka SMA Terbuka

5 Juli 2022 - 07:02 WITA

Sendratasik Universitas Hamzanwadi Gandeng Sekolah

26 Juni 2022 - 16:45 WITA

Mahasiswa Unham Prodi Pariwisata, Gelar Kuliah Alam Di Wisata Lingkok Mas Desa Loyok

21 Juni 2022 - 11:35 WITA

Prodi Pendidikan Sendrtasik UNHAM Gelar Grand Opening Program “BENIH”

19 Juni 2022 - 22:16 WITA

Membanggakan, SMKN 1 Kotaraja Raih Anugerah Pemajuan Kebudayaan Terkualitas Pada AiSO 2022

18 Juni 2022 - 13:04 WITA

Di Lenek Akan Segera Berdiri Perguruan Tinggi Bernama Lombok Institute of Technologi

16 Juni 2022 - 06:13 WITA

Trending di POROS PENDIDIKAN