BUMDes : Untuk Kesejahteraan Masyarakat Desa

0
174

Lotim, POROSLOMBOK – Acara diskusi yang digelar oleh lembaga kajian kebijkan dan transparansi (LK2T) dengan tema “BUMDes untuk kesejahteraan Masyarakat Desa”, yang berlangsung di Mogen Caffe kawasan PTC pancor Lombok Timur, Jumat (4/12)

Acara ini dihadiri oleh Asisten II, Kabid BUMDes DPMD kabupaten Lombok Timur, dan Ketua forum BUMDes Lombok Timur. Dalam acara tersebut di moderator yang sekaligus Direktur LK2T, Karomi, S. Pd., M. Pd.

Dalam sambutannya karomy menyampaikan bahwa acara ini rutin digelar di kabupaten Lombok timur sebagai wahana silaturahim kaum intelektual untuk mendiskusikan serta memecahkan berbagai persoalan pembangunan daerah.

Baca Juga :  Adanya Dugaan Kongkalikong di Proyek KIHT, Formicas Gelar Aksi Unjuk Rasa

“Acara diskusi ini kami gelar sebagai khasanah silaturahim intlektual muda Lombok Timur” ucapnya

Sementara itu asisten dua menyebutkan bahwa pengelolaan BUMDes harus dikelola secara profesional dengan mengedepan asas kemajuan bersama, dengan terlebih dahulu melakukan musyawarah dan menetapkan AD/ART sehingga jelas dasar pengelolaan BUMDes.

Dikatakan asisten II persoalan BUMDes yang sering menjadi temuan atau salah dalam pengelolaan BUMDes karena sering kali tidak dikelola secara profesional dan kepala desa terlalu jauh masuk dalam pengelolaan BUMDes.

Baca Juga :  Info Penting! Disdukcapil Lotim Kembali Membuka Pelayanan Adminduk Gratis Pada Acara CFD

“Adapun peran BUMDes dalam hal ini adalah untuk pengelolaan potensi desa diharapknaanya ada political Will dari pemerintah desa terhadap BUMDes ini itu yang paling penting” terangnya

Selanjutnya Kabid BUMDes mengungkapkan bahwa adapun terkait dengan program dari BUMDes itu sendiri harus melalui musyawarah desa yang menghasilkan perdes dan dalam perdes tersebut harus tertuang tentang usaha apa saja yang akan dilakukan oleh BUMDes.

ia juga menjelaskan dalam hal penentuan usaha BUMDes harus memperhatikan beberapa hal diantaranya: Melihat potensi ekonomi sosial budaya desa, Bagiamana organisasi pengelola bumdes, Pemodalan.

Baca Juga :  Kadis Diskop Lotim Lantik Pengurus KPPS Amanah Tazkia  Syariah

Sementara itu ketua Forum BUMDes Lombok Timur mengharapkan pembinaan atau pelatihan terkait dalam penyelesaian persoalan BUMDes seperti tidak aktif atau mati suri seperti yang sekarang ini

“Pelatihan ini agar SDM yang ada di desa khusunya BUMDes tersebut dapat memahami bagaimana manajerial skill dan yang lainnya” harapnya

Pihaknya juga menlejaskan soal sumberdaya yang ada di forum BUMDes ini lengkap seperti pakar hukum, ahli media dan ahli pembukuan sudah lengkap.(rl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini