Cuaca Ekstrem Akibatkan Tanah Longsor di Tete Batu Selatan

0
290

Lotim, POROSLOMBOK – Akibat cuaca ekstrem fenomena La Nina (peristiwa turunnya suhu air laut di samudra pasifik) disertai hujan di wilayah Kabupaten Lombok Timur sejak pukul 12.00 wita telah mengakibatkan terjadinya tanah longsor dengan skala kecil di dusun lekong pituk daya RT 01 Desa Tete Batu Selatan,Kecamatan Sikur pada pukul 14.30 wita.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh poros lombok melalui sebuah release berbentuk laporan bahwa Piket BPBD menerima informasi kejadian tersebut pada pukul 18.15 wita. Atas laporan tersebut pihak BPBD langsung menuju lokasi.

Baca Juga :  Penerima Manfaat Program Lotim Berkembang Terancam Merugi, TPAKD Minta Relaksasi

Adapaun dampak dari kejadian tersebut diketahui tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka-luka. Namun begitu, akibat terjadinya tanah longsor tersebut setidaknya telah merusak talut pembatas pekarangan kurang lebih 6 meter dengan ketinggian 4 meter.

Tak hanya merusak talut pembatas pekarangan warga tetapi bencana tanah longsor tersebut juga telah menyebabkan tertimbunnya tembok rumah sebelah barat warga milik Jumaidi.

Baca Juga :  Jambore Vespa Nasional akan digelar di Sembalun, Rangkain Aniversary 15 BSC Lombok Timur

Diketahui, bencana tanah longsor tersebut disebabkan oleh curah hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah kecamatan Sikur sejak pukul 12.00 wita.

Pihak BPBD Lotim yang terjun ke lokasi segera melakukan upaya Penanganan dengan melakukan Cek Lokasi dan Asesment, serta Berkoordinasi dengan polmas dan kadus lekong pituk daye.

Adapun pembersihan material longsor rencananya akan dilaksanakan pada pagi ini Jumat (27/11/20).

Baca Juga :  Hadiri Kegiatan World Clean up Day, Bupati Sukiman Motivasi Para Relawan

Diketahui, Kebutuhan mendesak saat ini dilokasi bencana adalah Pembuatan tanggul penahan sebagai langkah mengantisipasi terjadi hal serupa.

Mengingat potensi bencana hidrometrologi yaitu Banjir, Tanah Longsor, dan Angin Puting Beliung serta dampak lain berupa pohon tumbang dan sambaran petir, maka pihak BPBD Lotim menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. (ns)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini