Kepala Kemenag Lotim Kukuhkan FKPQ dan FKDT Kec.Montong Gading

0
323

Lombok Timur. POROSLOMBOK– Acara pembinaan dan pengukuhan pengurus Pimpinan Anak Cabang Forum Komunikasi Taman Pendidikan Al-qur’an dan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah ( FKPQ dan FKDT ) kecamatan Montong Gading sukses di gelar. Acara tersebut digelar di aula kecamatan Montong Gading, Rabu (23/12/20).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kemenag Lombok Timur, KUA Montong Gading, Kapolsek Montong Gading, Danramil, Camat montong gading, Kasi PD Pontren Lotim, Kasi Penmas Lotim, Ketua FKPQ/FKDT Lotim dan pengurus TPQ dan Diniyah yang ada di kecamtan Montong gading.

Dalam sambutannya ketua panitia acara pengukuhan pengurus PAC FKPQ dan FKDT H. Afifudin, Q.H. menyampaikan bahwa di kecamatan Montong Gading terdapat banyak sekali TPQ dan Diniyah yang belum terakomodir karena lembaganya belum ada. Hal inilah yang membuatnya terpanggil untuk membentuk Forum komunikasi Pendidikan Qur’an di kecamatan Montong Gading.

Baca Juga :  Angin Segar!Bupati Lotim Tandatangani MoU Dengan PT.RUI

Dijelaskannya hasil pendataan jumlah TPQ dan Diniyah yang ada di kecamatan Montong gading sejumlah 137 TPQ dan Diniyah. Dari 137 TPQ tersebut dan Diniyah tersebut yang memiliki izin hanya sekitar 53 TPQ.

“Sehingga dengan demikian kami merasa terpanggil untuk membentuk Pengurus FKPQ dan FKDT kecamatan Montong Gading, walaupun pembentukannya agak terlambat” ucap H. Afifudin.

Masih menurut H. Afifudin di kecamatan Montong Gading ada banyak potensi yang luar biasa yang belum digali, termasuk potensi guru-guru ngaji, termasuk metode, kurikulum dan sebagainya.

Bahkan menurutnya ada beberapa metode yang yang digunakan untuk mengajar oleh guru-guru TPQ di Montong Gading. Metode yang digunakan tersebut yaitu metode Iqro’, metode Bagdadiyah, Albarqi, Qordofa, dan Ummi.

“Semua metode ini ada gurunya, ada ahlinya yang kompeten di bidang ini” tuturnya.

Baca Juga :  Gugus I MT.Gading Adakan Workshop Penyusunan PP Kurikulum Kondisi Khusus

Kedepannya Ia berharap ada peran dan perhatian dari pemerintah untuk membantu TPQ dan Diniyah yang ada khususnya yang ada di kecamatan Montong Gading.

Sementara itu Kepala Kemenag Lombok Timur Drs. H. Sirojudin, MM. dalam sambutannya menyampaikan dirinya mengapresiasi sepenuhnya apa yang di lakukan pengurus PAC FKPQ dan FKDT kecamatan Montong Gading.

Ia berharap mudah-mudahan kegiatan tersebut merupakan awal untuk meningkatkan kordinasi, komuniaksi dan juga pembinaan kepada TPQ dan Diniyah yang ada.

Selain itu orang nomer satu di lingkup Kemenag Lotim itu menyampaikan masih banyaknya TPQ yang belum memiliki izin. Sehingga Ia menghimbau pengurus-pengurus PAC FKPQ dan FKDT kecamatan Montong Gading untuk mengajak, mendorong dan membantu TPQ yang belum memiliki izin agar supaya memiliki izin.

Baca Juga :  Kepala PKM Sakra Diduga Tidak Transparan Soal Pemberhentian Tim Tracer

Disamping itu H. Sirojudin berpesan agar kegiatan syiar-syiar islam terus di gelorakan, semarak untuk terus bersama-sama membangun pendidikan islami pada anak sejak usia dini.

“Ini adalah upaya kita bagaimana mendidik anak-anak kita sedini mungkin kita dekatkan dengan ilmu karena sumber ilmu yang paling lengkap adalah Al-qur’an, di Al-quran itu semuanya ada akan tetapi kadang-kadang kita belum banyak mendalaminya” ucap H. Sirojudin.

Terakhir ia mengajak bersama-sama bagaimana membangun anak-anak yang Qur’ani sehingga tercipta generasi yang Qur’ani yang akan menjadi generasi-generasi tangguh dan tentunya tangguh bukan hanya dalam hal-hal keagamaan akan tetapi tangguh dalam hal-hal iptek.

“karena kalau orang sudah hafal Alqur’an akan sangat mudah hafal ilmu yang lain karena kemampuan kejernihan mereka berfikir sudah teruji jika mereka sudah punya kemampuan menghafal Alqur’an” tutupnya.
(Mr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini