Sosialisasi 4 Pilar Kabangsaan MPR RI, Sukisman Gelorakan Persatuan Anak Bangsa

0
206

LOTIM,POROSLOMBOK – Ir.H.Achmad Sukisman Azmy terus melakukan acara sosialisasi 4 Pilar kebangsaan MPR RI sebagai tugas pokoknya pada Komisi I DPD-RI. Klai ini kegiatan tersebut ia laksanakan di kantor desa Dasan lekong Kecamatan sukamulia Kabupaten Lombok Timur, senin (14/12).

Acara ini di hadiri oleh camat sukamulia , kepala desa sukamulia,toga, toma dan perwakilan masing – masing kecamatan yang berjumlah 100 orang.

Menurut Sukisman, 4 Pilar ini sangat penting di sosialisasikan kembali agar menjadi pedoman hidup bernegara agar tidak terjadi perpecahan antar anak bangsa.

“begitu Panjangnya Proses Penyusunan 4 Pilar kebangsaan ini oleh para pahlawan hingga terbentuk, Jadi Masyarakat harus memahaminya “serunya.

Dijelaskan sukisman, Pancasila adalah dasar negara yang begitu banyak makna yang terkandung di dalamnya, dan sabagai alat pemersatu bangsa. walaupun negara kita banyak suku, agama, dan Golongan.

Baca Juga :  Nakes Menolak di Vaksin Tak Dapat Sanksi, Tapi Mereka Yang Menolak Pasti Belum Faham

“Karna jiwa besar para tokoh bangsa waktu itu melalui proses panjang akhirnya terbentuklah 5 dasar negara atau yang disebut Pancasila” terangnya.

Tidak hanya pancasila, pemerintah merasa belum cukup dengan pancasila, akhirnya di bentuklah Undang – Undang dasar 1945 untuk memperkuat dan sejalan dengan pancasila.

“Jangan Sampai kita mau di pecah belah karna pengalaman membuktin 3 Setengah Abad negara kita di jajah dengan cara adu domba oleh penjajah kala itu pengalaman pahit ini jangan sampai terulang kembali” harapnya.

Selanjutnya sukisman menjelaskan, sejak abad Ke-4 indonesia ini sudah ada kerajaan, yaitu kerajaan kutai dan mulawarman kemudian setelah muncul kerajaan sriwijaya dan yang paling besar daerah kekuasaannya adalah kerajaan Majapahit.

Baca Juga :  Pengobatan Gratis RS Apung Laksamana Malahayati Bisa Layani Sampai 500 Warga Sehari

“Kalau melihat sejarah kerajaan ini, kita itu adalah negara yang besar. sehingga kalau kita melihat anak – anak kita ini kalau kuliah keluar negeri banyak mendulang prestasi karna kualitasnya sangat besar, artinya kalau nenek moyang kita tidak cerdas dari dulu tidak mungkin generasi sekarang ini seperti itu” tandasnya.

sukisman mengungkapkan, bukti kecerdasan nenek moyang kita pada zaman dulu bisa kita lihat dari banyaknya bangunan peninggalannya seperti candi Brobudur, prambanan yang sampai saat ini blum ada yang mampu menyamainya.

“Jadi tidak perlu kita berkecil hati dan merendah diri, ternyata kita ini adalah orang – orang yang hebat dan cerdas” imbuhnya.

Kemudian sukisman mengatakan, sekarang ini sudah mulai ada riak-riak yang sengaja ingin memecah belah belah kita. inilah yang harus kita antisipasi baik yang dari luar negeri maupun dalam negeri.

Baca Juga :  Kejari Lotim Harapkan Peran Serta Masyarakat Untuk Membantu Tugas APH

“Kalau dalam negeri Politik ini yang mudah membuat kita pecah baik Pilkada, Pilkades padahal ini sekelumit dari demokrasi yang seharusnya membuat kita bahagia tapi malah sebaliknya” Ujarnya.

Belum lagi ancaman dari luar negeri yang ingin mengusai Aset – Aset bangsa ini, makanya perkuat persatuan sambung sukisman. karna saat ini sudah mulai perang dagang antara amerika dan china, hal ini juga berimbas untuk bangsa indonseia.

“Alhamdulillah kita yang ada di Lombok ini masih tinggi rasa persaudaraan yang membuat sulit untuk di pecah belah” tutupnya (rl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini