close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Exclusive Content:

Ketua Umum BPD HIPMI NTB 2024-2027 Diharapkan Mampu Bersinergi dan Lebih Inovatif

Mataram, PorosLombok.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Nusa Tenggara...

Resmi, Gerindra Usung Farin-Khairatun di Pilbup Lombok Barat 2024

Lombok Barat, PorosLombok.com |  Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai...

Luthfi Wahid, Terima Rekom B.1KWK dari DPP Perindo

PorosLombok.com- Partai Persatuan Indonesia (Perindo) memberikan surat rekomendasi dukungan...

Pertunjukan Drama “Hamlet” oleh Mahasiswa Sastra Inggris UBG

MATARAM, POROSLOMBOK– Program Studi (Prodi) Sastra Inggris, Universitas Bumi Gora (UBG) melaksanakan pertunjukan drama dengan cerita “The tragic Hero of Hamlet” karya William Shakespeare. Kegiatan drama itu dinilai langsung oleh Dosen Pembina, Dr. Diah Supatmiwati, SS,.M.Hum, Ketua Program studi Sastra Inggris, Hilda Hastuti, M.Pd serta Humas Prodi Sastra Inggris Wiya Suktiningsih, S.Kom,.M.Hum.

‘’ kita melaksanakan kegiatan drama untuk mahasiswa program Sastra Inggris dengan menampilkan The Tragic Hero Hamlet karya William Shakespeare,’’ kata Humas Prodi Sastra Inggris Wiya Suktiningsih, S.Kom,.M.Hum ucapnya melalui rilisnya, kemarin dikatakan lebih lanjut, Drama tersebut dimainkan oleh mahasiswa semester 5 di Aula Universitas Bumigora kemarin, yang di hadiri oleh civitas akademika UBG dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Cerita drama tersebut ditulis ulang dengan menggunakan bahasa Inggris modern dan disutradai oleh mahasiswa. Kegiatan ini mendapat pendampingan dari Dr. Diah Supatmiwati, SS,.M.Hum. kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari ketua program studi Sastra Inggris Hilda Hastuti, M.Pd.

Baca Juga :  Universitas Hamzanwadi Gelar Kuliah Umum dan Penandatanganan MoU dengan UNY

‘’ kita memilih Cerita Hamlet ini dipilih karena memiliki banyak kritik dan permasalahan yang relevan dengan keadaan Indonesia saat ini,’’ ucapnya

oleh karena itu, pihaknya berharap dengan belajar drama dalam bahasa Inggris, dapat membantu para mahasiswa sastra inggris terampil berbahasa, meningkatkan pengetahuan budayanya, mengembangkan cipta dan karsa, serta dapat menunjang pembentukan watak para mahasiswa. Selain itu, dalam drama tersebut, diangkat karena mempunyai makna tersendiri dimana Hamlet adalah anak dari raja denmark. Raja denmark tersebut dibunuh secara misterius lalu istrinya menikah dengan adik dari raja denmark tersebut yang bernama Claudius. Claudius memiliki seorang penasehat yang bernama Polonius dan polonius inilah yang membuat dan menyusun strategi di jaman Raja Claudius. Kemudian arwah raja tersebut bergentayangan di istana dan memberikan informasi kepada hamlet jika yang membunuhnya adalah pamannya sendiri yaitu Claudius. Raja tersebut bergentayangan dihadapan para penjaga dan juga horatio yang merupakan teman dekat hamlet. Kemudian horatio memberikan informasi kepada hamlet kalau mendiang raja bergentayangan di istana. Hamlet kemudian mencari sang raja, dan mengetahui semua hal tentang kematian ayahnya. Hamlet pun ingin membalaskan dendam ayahnya dengan cara membunuh pamannya yaitu Claudius. Contoh karakter Polonius adalah penasehat raja, yang menggunakan cara licik demi kekuasaan, jika dihubungkan dengan keadaan politik saat ini adalah bagaimana para politikus menggunakan segala macam intrik untuk mempermudah mereka mendapatkan kekuasaaan,’’ tandasnya (rl)

TERPOPULER

advertisement

spot_img
Berita terbaru