Desa Kembang Kuning Jadi Juara Lomba Kampung Sehat Tingkat Kabupaten

0
298

LOTIM. POROSLOMBOK– desa Kembang Kuning kecamatan Sikur berhasil keluar sebagai Juara dalam Lomba Kampung Sehat “Nurut Tatanan Baru” tingkat Kabupaten. Pengumuman juara tersebut di umumkan pada hari ini Senin (5/10/20) di kantor Bupati Lombok Timur.

Atas raihan tersebut, Camat Sikur Lalu Putra menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan Desa Kembang Kuning keluar sebagai Juara pada Lomba Kampung Sehat tingkat Kabupaten. Dengan demikian, Desa Kembang Kuning akan mewakili kabupaten Lombok Timur ke tingkat Provinsi dan tentunya butuh persiapan-persiapan yang lebih, terutama untuk melengkapi kekurangan item-item pada penilaian tingkat kabupaten.

Menurutnya, hal ini tentunya tidak lepas dari kerjasama semua pihak. Baik itu dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan ( Forkopimcam ), pemdes desa Kembang Kuning, serta masyarakat yang ada di desa Kembang Kuning.

Baca Juga :  Kapolres Lotim Warning ! Masyarakat Jangan Coba-Coba Menggangu Kamtibmas Saat Ramadan

L. Putra berharap dengan keluarnya desa Kembang Kuning sebagai juara Lomba Kampung Sehat tingkat Kabupaten, ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di kecamatan sikur. tidak hanya di bidang kesehatan, tetapi juga di bidang penguatan ekonomi terutama lewat Bumdes.

“kita berusaha untuk desa-desa di 13 desa selain kembang kuning, supaya melakukan penguatan didalam Bumdes. kemudian ekonomi, lebih-lebih nantinya desa-desa yang ada di kecamatan Sikur ini supaya bisa menjadi desa mandiri” tuturnya.

Baca Juga :  Komunitas HDCI NTB Gelar Aksi Bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim

Dijelaskannya, sekarang ini menurut indeks desa membangun, di kecamatan Sikur ada 12 desa berkembang, kemudian 2 desa maju tetapi belum menuju desa mandiri. Ia berharap, kedepan desa berkembang ini bisa menjadi desa maju dan selanjutnya desa maju bisa menjadi desa mandiri.

Camat Putra menghimbau, kepada desa yang khususnya di kecamatan Sikur supaya sering berkoordinasi antar desa. terutama berkaitan dengan kesehatan, penguatan ekonomi yang nantinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ditanya mengenai langkah untuk menghadapi penilaian Lomba Kampung Sehat tingkat Provinsi, ia memaparkan, akan tetap berkoordinasi dengan desa Kembang Kuning, tentunya dengan melakukan persiapan untuk menyempurnakan item-item penilaian yang kurang termasuk dari segi administrasi.

Baca Juga :  Dispar Lotim Pastikan Kenyamanan Investor Dalam Mengelola Destinasi Wisata

“Kalau kaitannya dengan persiapan kita di fisik, Alhamdulillah ada lomba maupun tidak, desa Kembang Kuning memang sudah seperti itu” tuturnya.

Desa Kembang Kuning tersebut menurutnya bisa dikatakan nol kriminalitas. bagaimana sampai saat ini belum ada yang terpapar Covid-19, dari segi keamanan sudah aman, bidang ekonomi masyarakatnya juga melalui Bumdes bisa sejahtera.

“Bumdes ini yang digunakan untuk menampung dan memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Desa Kembang Kuning. sehingga UMKM yang ada bisa bertahan dan berkembang” tutupnya.
(Mr)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini