Terbuang Percuma ke Laut, Mata Air Dasan Bantek Dapat Dimanfaatkan Untuk Masyarakat Labuan Haji

0
456

LOTIM,POROSLOMBOK -Pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur terus melakukan berbagai upaya dan inovasi serta Eksplorasi untuk mengatasi kebutuhan vital masyarakat tentang air bersih akan terus kita lakukan.

Untuk wilayah Lombok Timur bagian Selatan, akan dapat terpenuhi dari tiga suplay mata air. Ketiga mata air tersebut yakni, mata air juret sentul, mata air Duren satu dan Duren dua, dengan debit air 120 liter/detik.

“Karena air dibutuhkan oleh setiap individu masyarakat, maka kita juga sekarang memikirkan bagaimana memenuhi kebutuhan air di seluruh wilayah Lotim, dengan memanfaatkan sumber mata air yang ada,” Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Lotim, Makripatulloh, ST, di ruang kerjanya, Selasa 27/10/2020.

Baca Juga :  Pemda Lotim Alokasikan Rp.5,8 Miliar untuk Premi BPJS Kesehatan ASN, PPPK dan Desa

Sekarang ini, kata makrip, ada banyak sumber mata air yang debitnya berkurang, atau bahkan mengering. Ujung-ujungnya memunculkan keluhan dari masyarakat.

Setiap keluhan dari masyarakat, lanjut makrip, akan menjadi catatan tersendiri bagi pihaknya, khususnya yang sekarang ini untuk Kecamatan Labuhan Haji dan sekitarnya.

“kami memanfaatkan mata air yang terbuang percuma ke Laut, Yaitu mata air yang berlokasi di Dasan Bantek Kelurahan Suryawangi ” ungkapnya.

Baca Juga :  Kadispora Berharap Musda KNPI Lotim Nantinya Menghasilkan Gagasan Baru untuk Kemajuan Daerah

Dalam waktu dekat ini, masih kata makrip, tidak menunggu tahun anggaran berakhir, akan bisa dinikmati oleh masyarakat Labuhan Haji dan sekitarnya.

Mata air Dasan Bantek dengan debit 103 liter/detik yang selama ini terbuang percuma ke laut, nantinya akan dimanfaatkan hanya 70 liter/detik. Sedang sisanya, terang makrip, untuk berjaga-jaga jika nanti ada masyarakat sekitar yang menuntut pembagian.

“Walaupun sejatinya bisa dimanfaatkan seluruhnya, tetapi selalu kita persiapkan cadangan untuk masyarakat yang nantinya dimanfaatkan untuk kebutuhan ternak atau pertanian. Dan itu terjadi di setiap mata air yang kita manfaatkan,” tuturnya.

Baca Juga :  7 Sumber Kekuatan Sebagai Modal Elektoral ZCU Dalam Pilkada Lotim 2024

Mata air dengan debit yang begitu besar, lanjutnya, akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di seputaran Labuhan Haji. sehingga kalau nanti ada kelebihan, tentunya akan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kecamatan lainnya melalui pipa tranmisi yang sudah ada secara terintegrasi.

Pada prinsipnya, pemerintah daerah sangat menginginkan agar dapat terpenuhinya kebutuhan air bagi seluruh masyarakat Lombok Timur yang tidak terkendala dengan musim.

“Selama masih ada sumber mata air, akan kita manfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat, dengan tidak mengesampingkan kebutuhan masyarakat disekitar lokasi mata air,” pungkasnya. (ns)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini