close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Exclusive Content:

PRC Sebut Tak Pernah Merilis Hasil Survei Pilkada Lotim 2024

LOMBOK TIMUR, PorosLombok.com |  Lembaga survei Politika Research and...

Mahasiswa FT Universitas Hamzanwadi Sukses Magang di 5 Perusahaan Nasional

Lombok Timur, PorosLombok.com | Prodi Teknik Komputer Fakultas Teknik...

Ketua Relawan Go Gibran NTB Nyatakan Dukungan Ke HW-Edwin di Pilkada Lotim 2024

Lombok Timur, PorosLombok.com |  Dukungan terhadap H Haerul Warisin...

Turnamen begasingan, Tradisi Untuk Mempertahankan Kearifan Lokal

LOTIM, POROSLOMBOK – Turnamen begasingan yang di gelar oleh Karang Taruna Desa Ketangga, Pemuda NW, dan Speaker Kampung di Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok Timur, cukup menyita perhatian banyak kalangan terutama warga sekitar.

Pemuda dan orang tua Desa Ketangga tanpa mengenal waktu siang dan malam sibuk mencari kayu yang akan digunakan untuk membuat gasing.

Selain hiburan untuk mengisi libur panjang di tengah pandemi covid-19, turnamen gasingan ini juga salah satu upaya untuk mempertahankan kearifan lokal. Permainan tradisional begasingan ini akan diperlombakan mulai pada, Ahad, 14 Maret 2021 mendatang.

Baca Juga :  Pondok Pesantren Nurul Azhar Mencetak Santri Islami Berwawasan Wirausaha

Setelah gasingnya jadi, sorenya mereka latihan dan malam hari, gasing yang mereka gunakan latihan tersebut diperbaiki kembali jika ada yang rusak akibat benturan gasing lawannya.

Keseimbangan dalam membuat gasing perlu juga diperhatikan, sehingga ketika mereka tampil lomba tidak menemukan kendala yang berat.

“Tiada hari tanpa mikirkan gasing,” kata Ahi, pemuda desa setempat.

Baca Juga :  Tim SAR Evakuasi Korban Tenggelam di Seriwe Dalam Keadaan Meninggal

Melihat antusiasme warga yang akan mengikuti turnamen ini, pemerintah Desa Ketangga sangat mendukung lomba permainan begasingan ini.

Lewat lomba inilah, mereka bisa mengembalikan kearifan lokal yang selama ini hampir punah di telan masa. Akibat terkontamisasi permainan modern menggunakan aplikasi yang begitu mudah didapatkan melalui Android (gedget)

“Kami sangat mendukung kegiatan lomba begasingan yang anak muda diinisiasi sendiri oleh pemuda,” kata Kades Ketangga, Mislahuddin, ditemui media ini di rumahnya, Jum’at, (12/3/2021)

Baca Juga :  Walaupun Teratas Hasil Survei LSI,Tim Pemenangan Lutfhi-Wahid akan Terus Bergerak

Dia juga mendorong kepada pengurus Masjid agar mengumumkan lomba ini lewat pengeras suara agar masyarakat mengetahuinya. Lomba ini juga katanya sebagai ajang untuk mempererat solidaritas antar pemuda desanya.

“Saya akan bertanggung jawab dengan keamanannya selama berlangsung lomba ini,” tutupnya. (*)

TERPOPULER

advertisement

spot_img
Berita terbaru